kursor

Cute Rocking Baby Monkey

Senin, 19 Juni 2000

arus

Definisi
Definisi Arus Arus adalah suatu proses pergerakan massa air menuju kesetimbangan yang menyebabkan perpindahan horizontal dan vertikal massa air. Gerakan tersebut merupakan resultan dari beberapa gaya yang bekerja dan beberapa factor yang mempengaruhinya. Arus laut (sea current) adalah gerakan massa air laut dari satu tempat ke tempat lain baik secara vertikal (gerak ke atas) maupun secara horizontal (gerakan ke samping). Metode Pengukuran arus dengan satelit altimetri Adanya perkembangan teknologi satelit dewasa ini sangat memungkinkan untuk mengetahui tinggi muka laut atau topografi muka laut. Salah satu satu satelit yang mampu untuk membedakan perbedaan tinggi muka laut adalah Topex/Poseidon. Satelit altimetri pada prinsipnya mentransmisikan gelombang dengan panjang tertentu, kemudian dicatat waktu yang dibutuhkan untuk menempuh jarak dari satelit ke permukaan laut dan kembali ke reciever di satelit, sehingga jarak dari lintasa satelit ke muka laut diketahui.

Faktor-faktor penggerak arus yaitu:
·        Angin
Faktor pembangkit arus permukaan disebabkan oleh adanya angin yang bertiup diatasnya. Tenaga angin memberikan pengaruh terhadap arus permukaan (atas) sekitar 2% dari kecepatan angin itu sendiri. Kecepatan arus ini akan berkurang sesuai dengan makin bertambahnya kedalaman perairan sampai pada akhirnya angin tidak berpengaruh pada kedalaman 200 meter .
·        Bentuk Topografi dasar lautan dan pulau – pulau yang ada di sekitarnya. Beberapa sistem lautan utama di dunia dibatasi oleh massa daratan dari tiga sisi dan pula oleh arus equatorial counter di sisi yang keempat. Batas – batas ini menghasilkan sistem aliran yang hampir tertutup dan cenderung membuat aliran mengarah dalam suatu bentuk bulatan.
·        Gaya Coriollis dan arus ekman
Gaya Corriolis memengaruhi aliran massa air, di mana gaya ini akan membelokkan arah mereka dari arah yang lurus. Gaya corriolis juga yangmenyebabkan timbulnya perubahan-perubahan arah arus yang kompleks susunannya yang terjadi sesuai dengan semakin dalamnya kedalaman suatu perairan.

·        Perbedaan Densitas serta upwelling dan sinking

Perbedaan densitas menyebabkan timbulnya aliran massa air dari laut yang dalam di daerah kutub selatan dan kutub utara ke arah daerah tropik.


Arus Pasut

Arus Pasang surut harian tunggal (diurnal tide), Arus yang disebabkan dalam satu hari terjadi satu kali air pasang dan satu kali air surut. Periode pasang surut adalah 24 jam 50 menit. 
Arus Pasang surut harian ganda (semidiurnal tide), Arus yang disebabkan dalam satu hari terjadi dua kali air pasang dan dua kali air surut dengan tinggi yang hampir sama dan pasang surut terjadi secara berurutan secara teratur. Periode pasang surut rata-rata adalah 12 jam 24 menit. Pasang surut ini terdapat di Selat Malaka sampai Laut Andaman.
Arus Pasang surut Campuran, Arus yang merupakan perpaduan antara Arus Pasang surut harian tunggal dan Arus Pasang surut harian ganda


Arus Non Pasut
            Arus residu adalah kolom air rata-rata yang telah melalui current meter pada suatu periode waktu tertentu. Data pengolahan arus residu dapat kita analisis penyebab dominan terjadinya arus residu, dengan melihat bagaimanaperiode ulang dari magnitudenya atau bentuk siklus dari arus pembentuknya.Diagram vektor dinamik adalah suatu metode analisis dari arus residuyang menggunakan data yang dihasilkan dari current meter yaitu denganmenghitung panjang kolom air yang melewati current meter. Metode inidigunakan untuk mendapatkan kecepatan rata-rata dan transport volume air rata-rata dengan perhitungan komponen-komponen arus residu secarasistematis maupun pengeplotan dengan vektor dinamik. Ini digambarkansecara geometris oleh suatu tanda panah yang mempunyai panjangsebanding dengan magnitude kecepatan arusnya dan arah yang tepat denganarus tersebut.Arus residu sendiri itu dibagi menjadi beberapa macam, yaitu

1.   Arus Tetap
      Merupakan arus yang selalu ada walaupun pada perairantersebut tidak terjadi hembusan angin ataupun pasang surut.arus tetap initerbagi atas dua macam, yaitu arus konveksi dan arus dasar.

2.   Arus Gradien
      Atau arus geostropik, merupakan arus yang ditinjau karenaadanya kemiringan (slope) bidang isobar dengan bidang datar. Arusgeostropik ini bergerak pada bagian interior laut (daerah yang jauh daripermukaan dua dasar laut) dan tidak dipengaruhi oleh adanya gayagesekan, baik gesekan dasar maupun gesekan angin di permukaan.

3.   Arus Angin

      Atau biasa disebut dengan arus Ekman, merupakan arusdilapisan permukaan yang ditimbulkan oleh angin

1 komentar:

  1. Types of Baccarat - Welsh News - Wolverione.com
    What Is the Scoville Scale? 1xbet korean A classic variant of roulette kadangpintar (called baccarat). 1/4 (1,200) 바카라 is 1,400.00. 1/4 (2,500) is 1,300.00. 5/4 (1,700) is 1,400.00. 2/4 (1,500) is 1,300.00.

    BalasHapus

doraemon